Syarat Pengurusan IMB

Pembuatan IMB dengan cara manual atau offline akan menjadi semakin mudah jika mengetahui mengenai beberapa syarat pengurusan IMB yang dibutuhkan. Sehingga Anda bisa melakukan persiapan terlebih dahulu saat berada di rumah. Tentu saja saat sampai di kantor pengurusan IMB akan menjadikan semuanya lebih lancar. Untuk mengetahui mengenai syarat apa saja yang dibutuhkan dalam membuat IMB akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Beberapa syarat pengurusan IMB dengan cara manual antara lain yaitu

  • Mulailah mengisi formulir untuk mengajukan IMB di kantor pemerintah yang ada di kota Anda. Dengan demikian akan memudahkan Anda dalam pengurusannya menjadi lebih mudah dilakukan. Jika Anda tidak mengetahui dimana tempat mengurus IMB Anda bisa bertanya kepada orang yang ada di sekitar rumah atau mencarinya di mesin pencari pada handphone.
  • Pastikan untuk menyiapkan syarat pengurusan IMB bisa dilakukan dengan memfotokopi. Beberapa dokumen yang harus difotokopi antara lain yaitu KTP, NPWP, SPPT dan bukti pembayaran dari PBB.  Selain itu siapkan juga mengenai surat yang menyatakan Anda memiliki tanah tersebut, gambar bangunan Anda atau yang sedang dirancang dan gambar kondisi denah. Untuk memperjelas gambar denah bisa dilihat dari tampak dan site plan.

Baca juga : Apa itu IMB?

Setelah Anda mengetahui mengenai persyaratan yang sebaiknya disiapkan untuk membuat IMB. Maka usahakan juga lengkapi informasi Anda mengenai apa saja langkah mudah untuk mendaftar dengan menggunakan cara online. Sehingga informasi ini akan dengan mudah untuk dipilih baik cara online atau pun offline atau manual.

Beberapa cara untuk mendaftar dengan menggunakan sistem online yaitu

  • Mulailah siapkan komputer dan jaringan internet untuk mulai dalam mengakses situs untuk mendaftar menggunakan sistem online. Anda bisa mendaftar melalui situs yang ada di kota yang saat ini ditinggali. Jika Anda tidak mengetahui mengenai situs tersebut bisa mencari tahu mengenai mesin pencari untuk informasi lebih lanjut.
  • Apabila situs tersebut telah terbuka bisa melakukan pendaftaran diri. Pastikan untuk mengisi seluruh data yang dibutuhkan dan masukkan gambar rumah tersebut. Untuk mengirimkan gambar rumah bisa melalui scan komputer dan  mulailah mengunggah ke dalam website tersebut.  Pengisian harus dilakukan dengan lengkap untuk menghindari kemungkina menyebabkan terjadinya penolakan yang terjadi.
  • Jika seluruhnya telah dilakukan bisa segera membayar retribusi yang dimaksudkan ke dalam bank yang ada pada daerah tempat tinggal Anda. Segera serahkan bukti pembayaran dengan cara scan di komputer. Langkah terakhir bisa dilakukan dengan menggugah ke dalam website tersebut.

Setelah seluruh informasi telah Anda dapatkan dan juga pahami. Maka segera pilih bisa mendaftar dengan cara online dan offline. Segalanya bisa dilakukan asalkan syarat pengurusan IMB telah dilengkapi dengan baik.